A-Say


Tema :

"Preparing Indonesia's Youth Accountant to Vanquish ASEAN Economic Community (AEC) Era through Competence, Ethics, and Professionalism"


                        I.     Format Essay

1)      Essay merupakan hasil karya orisinal, bukan hasil plagiat / saduran / terjemahan dari karya lain, belum pernah dipublikasikan di media manapun, dan belum pernah diikutkan dalam kompetisi sejenis.

2)      Isi essay harus sesuai dengan tema dan sub tema yang telah ditentukan.

3)      Essay ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai EYD.

4)      Format Tulisan

·      Ukuran kertas kuarto (A4)

·      Font: Times New Roman (12)

·      Spasi 1,5

·      Margin: 4-4-3-3

·      Panjang essay: 700-1000 kata

5)      Panitia berhak mendiskualifikasi essay yang tidak sesuai dengan format yang telah ditentukan panitia.



           II.     Tim Penilai Dan Kriteria Penilaian

Tim Penilai

Terdiri dari 2 orang juri yang terdiri dari

Ø  Praktisi bidang Ekonomi

Ø  Praktisi bidang Bahasa

Kriteria Penilaian

1.         Orisinalitas karya

2.         Inovasi gagasan

3.         Kesesuaian isi dengan tema

4.         Sistematika isi

5.         Tata bahasa



             III.            Tahap Seleksi

Tim juri akan melakukan penilaian atas essay-essay yang masuk tanpa mengetahui identitas dari penulis essay tersebut. Lima peserta / tim dengan poin terbaik akan diumumkan pada hari Senin , 18 Maret 2013 melalui website / SMS / telephone.Kelima peserta/ tim tersebut BERHAK mendapatkan tiket gratis Accounting Conference yang dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Maret 2013.



             IV.            Tahap Presentasi

·                  Kelima peserta / tim yang lolos Tahap Seleksi WAJIB mengikuti tahap selanjutnya yaitu Tahap Presentasi untuk memperebutkan posisi juara 1, 2, dan 3.

·                  Apabila peserta / tim yang lolos seleksi tidak mengikuti tahap selanjutnya, maka peserta / tim tersebut dianggap gugur.

·                  Tahap Final Presentasi dilakukan mulai tanggal 21 Maret 2013 – 23 Maret 2013, dengan rincian:

Ø  Accounting Conference                                 : Kamis, 21 Maret 2013

Ø  Technical Meeting                                         : Jumat, 22 Maret 2013

Ø  Presentasi finalis & pengumuman juara           : Sabtu,  23 Maret 2013

                V.            Format Presentasi

1.      Lima finalis yang lolos Tahap Seleksi mempresentasikan hasil karyanya dalam durasi kurang lebih 20 menit (7-10 menit presentasi dan 10 menit tanya-jawab dengan dewan juri).

2.      Presentasi disajikan dengan format Powerpoint yang wajib dikumpulkan kepada panitia pada saat Technical meeting Jumat, 22 Maret 2013

3.      Ketentuan lebih lanjut mengenai presentasi akan diberitahukan setelah pengumuman 5 finalis yang lolos Tahap Seleksi.



Ketentuan Lain:

·       Dewan Juri akan menilai essay dan menentukan 5 finalis Lomba Accounting Essay.

·       Presentasi akan dinilai oleh dua juri dan akan ditentukan Juara 1, 2, dan 3.

·       Proses penjurian  tahap seleksi dilakukan secara adil, jujur, dan objektif dimana para dewan juri tidak mengetahui identitas pengirim essay.

·       Keputusan Dewan Juri TIDAK BISA DIGANGGU GUGAT.

·      Apabila terdapat informasi tambahan maka akan diberitahukan kepada peserta melalui website
  Hadiah :


Lima finalis yang lolos tahap seleksi mendapat FREE TICKET Accounting Conference.

Pada Tahap Presentasi pemenang akan mendapat:

                        Juara I             : Uang Tunai Rp 1.750.000 + Plakat + Sertifikat

                        Juara II            : Uang Tunai Rp 1.250.000 + Plakat + Sertifikat

                        Juara III           : Uang Tunai Rp   750.000 + Plakat + Sertifikat

Tata Cara Pendaftaran :


1)      Pendaftaran dimulai tanggal 1 Februari 2013.
2)      Syarat Peserta:
a.       Peserta tercatat sebagai mahasiswa aktif program Diploma/S1 di universitas masing-masing.
b.      Peserta bisa terdiri dari perseorangan atau kelompok dengan jumlah maksimal 3 orang/kelompok
c.       Setiap tim hanya diperbolehkan mengirim satu essay.
3)      Mengisi formulir pendaftaran yang dapat di download di afub2013.blogspot.com Formulir kemudian dikirimkan ke email Asay_AFUB2013@yahoo.co.id.
4)      Membayar biaya pendaftaran sejumlah Rp75,000 melalui via transfer ke rekening:


BNI Cabang Epicentrum
No. Rek. 0273866954
a.n. Anindita Alwi
a.       Pembayaran paling lambat Rabu, 6 Maret 2013.
b.      Melakukan konfirmasi melalui sms ke nomor 085711543423 (Quinzela) setelah membayar biaya pendaftaran, paling lambat Rabu, 6 Maret 2013.
5)      Ketentuan pengumpulan essay sebagai berikut:
a.       Peserta mengirimkan essay berupa:
·         Softcopy dengan format Microsoft Word yang disertai identitas diri (nama, nim, asal universitas, dan contact person perwakilan peserta/tim) ke alamat email Asay_AFUB2013@yahoo.co.id dengan subject:
A-SAY_NAMA UNIVERSITAS_NAMA KETUA TIM serta melampirkan bukti biaya pendaftaran dan Kartu Mahasiswa yang di scan/photo.
·         Hardcopy ke alamat:
Universitas Bakrie
Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro Suite GF-22
Jalan H.R. Rasuna Said, Kav. C-22, Kuningan
Jakarta Selatan 12920
b.      Jangka waktu pengumpulan essay: 11 Februari 2013 – 6 Maret 2013.

Contact Person :  

Dea Diandini Primordia  082176732470
Quinzela Herany 085711543423



No comments:

Post a Comment